Kandungan dan Kegunaan Sirih Merah

Daun sirih mengandung minyak atsiri yang terdiri dari betlephenol, kavikol, seskuiterpen, hidrosikavikol, cavibetol, estragil, eugenol, dan karvakol. Beberapa penelitian ilmiah menyatakan bahwa daun sirih juga mengandung enzim diastase, gula dan tanin. Biasanya, daun sirih muda mengandung diastase, gula dan minyak atsiri lebih banyak dibandingkan dengan daun sirih tua. Sementara itu, kandugan taninnya relatif sama.

Beberapa literatur menyebutkan bahwa daun sirih yang merupakan bahan utma menginang ini memilliki sifat styptic (menahan perdarahan), vulnerary (meyembuhkan luka kulit), stomatic (obat saluran pencernaan), menguatkan gigi, dan membersihkan tenggorokan. Adapula yang menyatakan bahwa daun sirih selain memiliki kemampuan antiseptik, mempunyai kekuatan sebagai antioksidasi dan fungisida. Minyak atsiri dan ekstraknya pun mampu melawan beberapa bakteri gram positif dan gram negatif. Adanya kandungan kavikol inilah memberikan bau khas daun sirih dan memiliki daya pembunuh bakteri 5 kali lipat dari phenol biasa. Sehingga banyak masyarakat yang memanfaatkan daun sirih untuk pengobatan atau penyembuhan penyakit.

Daun sirih merah

Berikut ini ada beberapa cara tradisional pemanfaatan daun sirih merah untuk pengobatan beberapa penyakit, seperti :

1. Untuk jantung

Caranya :

Ambil beberapa lembar daun sirih merah ukuran sedang sebanyak 3-4 lembar atau ukuran kecil 6-8 lembar. Cuci bersih, kemudian diiris kecil-kecil. Rebus daun sirih dengan takaran air 800 ml atau setara dengan 4 gelas air (@ 200 ml). Rebus hingga mendidih dan tersisa air sebanyak 2 gelas, lalu saring. Minum ramuan tersebut selagi hangat, dan minum 2 kali sehari, sekali minum 1 gelas.

2. Untuk diabetes

Caranya :

Siapkan 3 lemabr daun sirih merah setenag tua dn daun ke-6 dan ke-7 dari pucuk. Cuci bersih semau daun, kemudian iris kecil-kecil. rebus dengan air sebanyak 3 gelas atau 600 ml sampai mendidih dan sisakn 1,5 gelas. Minum 3 kali sehari sebelum makan, takaran untuk sekali minum adalah setengah (1/2) gelas.

3. Untuk membersihkan organ mulut

Siapkan 5 lembar daun sirih merah yang masih segar, kemudian cuci bersih dan rebus dalam takaran air sebanyak 400 ml, masak hingga mendidih dan sisakan 1 gelas, saring dan diamkan sejenak hingga dingin dan gunakan sebagai obat kumur 3 kali sehari. Selain untuk membersihkan mulut, ramuan ini juga dapat mengobati sakit gusi berdarah, sariawan, gigi berlubang, bau mulut, dan radang tenggorokan.

4. Untuk mengatasi batuk dan menambah nafsu makan

10 lembar daun sirih merah yangsudah dicuci bersih kemudian direndam dalam kadar alkohol 70 % selama 30 menit. Pemberian dengan alkohol bertujuan untuk membunuh bakteri yang masih terdapat pada daun sirih merah. Setelah itu, daun sirih merah ini direbus dengan menambahkan gula putih atau gula pasir sebanyak 100 gram dan 4 gelas air (800 ml), rebus hingga mendidih dan sisakan 1 gelas air. Diamkan hingga dingin, kemudian tuangkan ke botol yang bersih dan steril. Untuk meredakan batuk dan menambah nafsu makan minum ramuan tersebut dengan takaran 1 sendok makan 3 kali sehari.

5. Untuk membersihkan organ kewanitaan

8 lembar daun sirih merah yag telah dibersihkan, direbus dengan takaran air sebanyak 800 ml, rebus sampai mendidih. Kemudian saring dan diamkan air saringan tersebut hingga dingin, dan gunakan air hasil saringan tadi untuk membersihkan organ intim kewanitaan sebanyak 2 kali sehari.

6. Untuk mengatasi radang mata

Ambil 4 lembar daun sirih yang agak muda diambil dari daun kelima dari pucuk daun, kemudian cuci bersih, dan rebus dengan 2 gelas air 400 ml hingga mendidih dan sisakan 1 gelas. Kemudian saring dan biarkan hingga dingin, kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk merendam mata yang sakit atau dengan cara dirimbang (air rebusan yang diletakkan di piring kecil ceper, kemudian dengan perlahan mata di kedip-kedipkan, reaksi yang dirasakan cukup sakit pada mata, kemudian keluar kotoran mata, reaksi demikian tidak berbahaya, malah akan membuat mata menjadi lebih fresh dan jernih.


=====================================

>>> Jual Kapsul Sirih Merah Untuk Mengatasi TBC, Hepatitis, Keputihan Akut, Bau Keringat Yang Berlebihan dan Penyakit Lain, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sirih Merah and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>